Daftar paten Indonesia

Daftar paten Indonesia adalah bukti atas suatu kepemilikan individu atau perusahaan di bidang teknologi, bentuk, dan wujud penemuan lainnya yang sengaja dibuat untuk tujuan komersil. Sebagai contoh, hak paten yang dimiliki McDonnals atas resep yang mereka temukan. Pihak yang ingin memiliki lisensi terhadap McDonnals wajib memberikan royalti pada pihak McDonnals.

Royalti yang didapatkan oleh McDonnals ini adalah pendapatan tersendiri selain pendapatan dari bisnis kuliner. Selain mendapatkan hak paten, pihak pencipta juga berpeluang untuk mendapatkan keuntungan komersil karena hak paten yang telah dimilikinya. Di Indonesia sendiri, sudah banyak pihak yang mengajukan permohonan atas hak paten baik dari kalangan badan usaha maupun individu. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan cara-cara pendaftaran hak paten, berikut prosedurnya.

Daftar paten Indonesia akan didapatkan setelah pemohon melakukan prosedur-prosedur pendaftaran hak paten. Prosedur pertama yang harus dilakukan oleh pemohon adalah pemohon harus mempersiapkan segala persyaratan pengajuan hak paten. Kemudian prosedur yang kedua, Dirjen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) akan mengumumnkan hak paten 18 bulan setelah penerimaan pengajuan dari pemohon.

Ketiga, pengumuman akan dilakukan dalam kurun waktu 6 bulan untuk mengetahui ada atau tidak adanya keberatan dari pihak masyarakat. Keempat, apabila permohonan hak paten tidak mendapatkan masalah, pemohon resmi mendapatkan hak paten yang berlaku hingga 20 tahun mendatang sejak diresmikannya pemberlakukan hak paten.
Adapun tahap-tahap pengajuan hak paten adalah sebagai berikut. Pertama, pemohon diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Formulir tersebut diketik menjadi 4 rangkap. Kedua, sertakan formulir dengan beberapa dokumen. Dokumen yang perlu dilampirkan antara lain surat kuasa khusus di mana surat kuasa khusus ini perlu dilampirkan jika pemohon menggunakan jasa konsultan paten yang berperan sebagai kuasa. Dokumen lainnya yaitu surat pengalihan hak di mana surat pengalihan hak ini perlu disertakan apabila pemohon menggunakan jasa pihak lain yang bukan pencipta. Sertakan juga dokumen berupa abstrak, deskripsi klaim, dan gambar ide/ cipta yang masing-masing dibuat 3 rangkap.

Terjemahan deskripsi temuan ke dalam Bahasa Inggris apabila temuan tersebut dijelaskan dalam bahasa asing selain bahasa Inggris (buat 2 rangkap). Sertakan bukti pembayaran permohonan hak paten sebesar Rp.575.000. deskripsi, abstrak, atau gambar karya/ ciptaan juga memiliki ketentuan khusus ketika akan diajukan pada Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Jika dilihat-lihat memang sedikit rumit, namun jika Anda sudah mengantongi hak paten, ada banyak keuntungan yang akan Anda dapat. Salah satunya keuntungan ekonomi. Hak paten dan jenis hak kekayaan intelektual lainnya memang memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Dengan memiliki hak paten ini, Anda akan berkesempatan mendapatkan royalty apabila ciptaan Anda digunakan oleh pihak lain. Oleh karena itu, bagi Anda yang kreatif dan inovatif, mari terus berkarya dan cepat-cepatkan daftarkan hak paten karya Anda agar masuk ke dalam daftar paten Indonesia.

    Chat WA