Kenapa harus daftar paten Indonesia?

Kenapa harus daftar paten Indonesia? Mungkin pertanyaan ini masih menjadi tanda tanya besar untuk beberapa orang. Hak paten sebenarnya merujuk pada suatu hasil ciptaan yang baru atau inovasi baru. Jadi jika Anda berhasil menciptakan suatu ciptaan atau inovasi bisnis terbaru yang menghasilkan produk barang atau jasa, maka Anda harus melindunginya menggunakan hak paten. Perlindungan paten bertujuan memberi perlidungan kepada pemilik paten dari pihak-pihak lain yang mencoba menyalahgunakan atau meniru ciptaan tersebut.

Kenapa harus daftar paten Indonesia

Jika memang didapati adanya peniru, pemilik paten memiliki hak untuk mengambil tindakan yang sudah diatur sesuai dengan undang-undang paten. Hak paten pun sudah menjadi hak ekslusif yang diberikan oleh negara Indonesia untuk Anda selaku investornya. Hak paten produk dan jasa yang Anda miliki pun jelas akan mewujudkan iklim yang sangat baik untuk kegiatan bisnis Anda.

Kenapa harus daftar paten Indonesia adalah sebuah pertanyaan yang sudah jelas jawabnya.

Jelas daftar paten bersifat harus, wajib dan sangat mendesak. Indonesia adalah salah satu negara dengan sumber daya alam yang sangat kaya dan melimpah. Jumlah penduduk Indonesia pun cukup besar jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Tidak heran jika pada akhirnya Indonesia menjadi salah satu target utama untuk memasarkan barang dan jasa para produsen. Adanya MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tahun 2015 pun menjadi gerbang masuknya barang dan jasa dari negara-negara tetangga ke Indonesia.

Kenapa daftar paten Indonesia

Hal ini berarti kompetitor bisnis Anda semakin banyak. Hasil cipta dan inovasi bisnis yang sudah susah payah Anda ciptakan pun cukup berisiko ditiru oleh kompetitor lain. Iklim bisnis bisa menjadi tidak sehat jika didapati adanya oknum-oknum nakal yang memalsukan merek dagang Anda untuk keuntungan pribadi. Inilah mengapa Anda selaku produsen lokal tidak boleh tinggal diam menjadi penonton saja. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Anda bisa memulai langkah nyata dengan membangun merek dan mendapat hak paten atas produk barang dan jasa Anda.

Seorang pembisnis yang baik harus bisa membangun merek dan mendapat hak paten untuk citra produk dan jasanya. Para pengusaha UKM pun perlu memiliki merek sendiri. Hal ini karena UKM Indonesia adalah tokoh utama penggerak perekonomian mikro yang berbasis pada kerakyatan. Jadi kenapa harus daftar paten Indonesia? Jawabannya sudah jelas untuk melindungi produk dan jasa Anda dari kompetitor yang ingin menggambil keuntungan melalui penjiplakan atau peniruan merek.

Ulah jahil para penjilplak dan peniru tersebut sudah pasti akan merugikan Anda selaku investor. Adapun jika Anda sudah memiliki merek dan hak paten Anda berhak meminta royalti dari pihak-pihak yang menggunakan merek dagang Anda. Oleh karena itu, Anda harus mendaftarkan merek dagang dan hak paten secepat mungkin.

    Chat WA