Mendaftar paten Indonesia

Mendaftar paten Indonesia merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Setiap orang memiliki hak pribadi yang harus dilindungi. Dari berbagai macam hak pribadi, hak paten merupakan hak yang harus dijaga. Untuk melindungi hasil cipta, karya atau penemuan seseorang di bidang teknologi, negara menciptakan UU khusus untuk menghindari pelanggaran yang kerap dilakukan pihak tak bertanggung jawab.
Mendaftar paten Indonesia perlu dilakukan setiap orang karena hak paten adalah bagian dai HKI atau KAHI (Hak Kekayaan Intelektual).

Dengan mendaftarkan hasil karyanya, seseorang akan memperoleh pengakuan hukum atas hasil ide-ide, eskpresi dan pemikiran yang diciptakannya dalam jangka waktu tertentu. Yang dimaksud kekayaan intelektual sendiri adalah suatu karya yang merupakan hasil sebuah gagasan intelektual seseorang, sehingga harus dilindungi. HAKI melindungi berbagai macam hak mulai dari hak paten, cipta hingga merek, yang mencakup berbagai bidang seperti perdagangan dan industri. Untuk mendaftarkan hak paten, seseorang harus mengurusnya secara terpisah, tergantung pada wilayah hukumnya karena HAKI memiliki sifat territorial.

Ada berbagai macam HKI di Indonesia, namun yang telah disetujui dan dilindungi oleh negara adalah yang telah terdaftar di Indonesia. Mengurus pendaftaran HKI yang bersifat territorial menyulitkan beberapa orang yang sedang tidak berada di wilayah hukumnya. Oleh karena itu, kini telah ada konsultan dan penyedia jasa pendaftaran HKI secara online. Dengan demikian, semua orang dari semua daerah di Indonesia bisa mendaftarkan dan melegalkan hak patennya dengan cara dan proses yang lebih efektif. Karya dalam bidang teknologi adalah karya yang tidak bisa dihasilkan dengan mudah, melainkan perlu melalui proses panjang dan berat dalam menciptakan sebuah teknologi baru. Oleh karena itulah hak paten seseorang perlu dilindungi.

Mendaftar paten Indonesia memberi jaminan sebuah karya intelektual teknologi seseorang mendapat pengakuan dari negara. Paten dalam bidang teknologi memberi sumbangan besar dalam bidang industri dan memiliki daya jual yang tinggi. Oleh karena itu, banyak kemungkinan bagi pihak yang kurang yang kurang bertanggung jawab untuk mengaku-aku atau merebut hasil karya orang lain.

Untuk mematenkan karyanya, seseorang bisa mendaftar secara online sesuai yang tersedia di internet maupun secara langsung ke Direktorat Jenderal HAKI. Umumnya, proses pendaftaran yang diperlukan adalah 30-120 hari. Setelah terdaftar, seseorang akan memperoleh sertifikasi yang berlaku 3 hingga 5 tahun dan hak perlindungan selama 10 hingga 20 tahun.

Sesuai dengan sifatnya yang territorial, diciptakan ketentuan jika seseorang yang telah memperoleh hak sebagai pemegang paten harus menerapkan patennya di Indonesia, mulai dari produksi, investasi, transfer teknologi hingga perekrutan tenaga kerja. Dalam melakukan pendaftaran, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Sebelum mendaftar, seseorang perlu memenuhi semua persyaratan dan menunggu selama 18 untuk mendapatkan ijin dari Dirjen HKI pada patennya. Setelah itu, seseorang perlu menguji patennya pada masyarakat selama 6 bulan, untuk melihat apakah ada yang keberatan atau tidak setuju. Pemohon hak paten akan mendapatkan haknya setelah melalui semua prosedur tersebut.

    Chat WA